Sudah sebulan ini gue memulai bisnis kecil2an dengan menjual
barang melalui toko online. Gue menggunakan jasa penyedia online shop
gratis yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli.
Awalnya gue bikin online shop itu karena omelan nyokap dan pacar gue
yang sering komentar soal banyaknya baju dan sepatu yang gue beli tapi
ga pernah kepake. Daripada tu semuanya nganggur di lemari atau malah
dibuang karena nyokap kesel lemari kepenuhan, mendingan gue jadiin duit
aja. Hehehehehe.
(display olshop gue)
Online shop gue sangat user friendly dan karena sudah ada
komunitasnya sendiri, maka iklan toko online gue bisa dengan mudah
dilihat oleh sesama pengguna penyedia layanan tersebut. Semua proses
transaksi tidak langsung dari penjual dan pembeli, tapi melalui penyedia
layanan. Begini kira2 prosesnya saat seorang seller seperti gue melakukan transaksi penjualan.
Buyer membeli produk --> buyer menerima notif pembelian berisi perintah pembayaran dari penyedia layanan --> buyer melakukan transfer pembayaran ke rekening penyedia layanan --> seller menerima notif penjualan dan perintah pengiriman barang dari penyedia layanan --> seller melakukan konfirmasi pengiriman barang dengan menginput no resi pengiriman --> konfirmasi penerimaan oleh buyer setelah barang sampai --> transaksi berhasil --> penyedia layanan mentransfer uang penjualan kepada seller
Walau membutuhkan proses yang lebih panjang, tapi sangat menjamin keamanan bertransaksi. Buyer bisa merasa aman karena jika transaksi gagal atau sampai batas waktu yang ditentukan ternyata barang belum dikirimkan oleh seller, maka uang yang telah disetorkan akan di refund ke account buyer. Begitu pula sebaliknya. Seller menerima konfirmasi penjualan setelah pihak penyedia layanan menerima pembayaran dari buyer dan baru akan menerima pembayaran setelah buyer melakukan konfirmasi penerimaan barang. Jika buyer lupa melakukan konfirmasi sampai batas waktu yg ditentukan dan dalam tracking paket sudah berhasil terkirim, maka pihak penyedia menganggap transaksi telah berhasil dan buyer berhak menerima pembayaran.
Pihak penyedia layanan juga menyediakan fasilitas tracking paket
pengiriman secara online sehingga baik buyer maupun seller bisa mengecek
kiriman paket tersebut langsung dari web penyedia layanan yang telah
terintegrasi dengan web salah 1 penyedia jasa expedisi.
(review customer)
Selain itu, toko online kita bisa mendapatkan rating yang berasal
dari review buyer yang membeli produk kita. Rating ini mencakup
beberapa hal, yaitu : kualitas produk, akurasi produk, kecepatan
pengiriman, dan pelayanan. Semakin banyak bintang yang diberikan oleh
customer, maka semakin bagus rating dari toko online kita.
Dalam 2 minggu, gue sudah berhasil melakukan 5 transaksi.
Transaksi pertama gue untuk penjualan sebuah dress pesta berbahan
spandex. Untuk transaksi pertama itu buyer memberikan review dengan
bintang penuh. Ga lama setelah itu, gue berturut2 mendapatkan order
untuk penjualan produk lainnya.
(display produk yang terjual)
Sekarang toko online gue ga cuma menjual produk fashion aja. Tapi
juga menjual beberapa produk alat kesehatan dan yang terbaru adalah
kopi instan dalam kemasan papercup. Selanjutnya gue mungkin akan
memasukkan beberapa barang kerajinan tangan buatan sendiri juga untuk
dijual. Ya semoga saja toko online gue ini bisa lebih berkembang dan
banyak order nantinya. Aamiin..!! Ayo semua mampir ke toko saya. Dijamin
tidak mengecewakan deh!! :p
Tidak ada komentar:
Posting Komentar