Senin, 18 Januari 2010

tragedi sayur lodeh

hari ini nyokap gue masak sayur lodeh. sayur yang paling gue benci karena nyaris merenggut nyawa gue beberapa taun yang lalu, tepatnya pas gue kelas 2 SMA. waktu itu gue baru aja pulang sekolah (sekitar jam 14.00 WIB), saat itu rumah gue bener2 kosong ga ada orang (bonyok + abang gue kerja sampe jam 5, ade gue yang waktu itu masih kelas 4 SD masuk sekolah siang sampe sore, dan PRT yang kerja di rumah gue cuma kerja dari pagi sampe siang), dan berhubung keadaannya saat itu gue emang sangat laper akhirnya tanpa ganti baju gue langsung aja ngelongok ke dapur buat liat apa yang bisa di makan.

di dapur gue cuma liat ada sepanci sayur lodeh yang udah dingin. gue pikir mayanlah ada yang bisa dimakan tanpa harus masak dulu (karena biasanya nyokap gue jarang masak apalagi kalo hari kerja), setelah liat ada yang bisa dimakan akhirnya gue manasin dulu tu sayur. gue nunggu sayurnya panas sambil nonton TV di kamar nyokap. entah kenapa pada saat itu gue ga bisa nahan ngantug gue dan akhirnya gue ketiduran di kamar nyokap dengan TV yang masih nyala dan kompor yang masih nyala pula.

entah berapa lama gue tidur, yang pasti gue kebangun karena ga bisa nafas. pas gue melek gue ga bisa liat apa2 selain asep item yang udah menuhin seluruh ruangan di rumah gue. beberapa saat gue bahkan sempat mikir (jangan2) gue dah mati, tapi rasa sesek nafas yang gue alamin bikin gue sadar kalo emang gue masih idup. setengah panik (dengan nyawa yang masih belum sepenuhnya terkumpul) gue langsung lari ke arah dapur dengan nerobos asep yang bikin gue ga bisa liat keadaan sekeliling gue. di tengah2 asep item itu, gue liat masih ada api yang nyala dari arah kompor tempat gue manasin sayur itu.

gue langsung buru2 matiin kompor n buka pintu dapur dan semua jendela dirumah gue supaya semua asep item itu keluar. setengah jam kemudian gue baru bisa liat keadaan di dapur. panci bekas sayur lodeh itu udah berubah jadi item (tadinya biru) dengan isinya yang udah berubah jadi setengah arang (karena pas gue coba korek, sayur lodeh gosong itu udah keras kayak batu). tembok dapur gue tempat gue manasin sayur itu juga ikutan gosong sekitar 30 cm. ngeliat kerusakan yang lumayan parah itu, gue bener2 kaget. beruntung gue masih bisa selamet dari kejadian itu. Tuhan masih sayang sama gue ternyata, karena dia ngebangunin gue di detik2 terakhir. kalo seandainya saat itu gue ga kebangun, gue pasti udah mati dan ga akan bisa nulis cerita ini disini (ya iyalah..!! hehehe..)

gue yang masih lumayan shock sama kejadian yang baru aja gue alamin, ga bisa berbuat banyak. seluruh TKP ga gue beresin sampe akhirnya bonyok gue pulang n liat sendiri bekas kejadian itu. walaupun bersyukur karena ga ada apa2 sama gue n rumah (ini sebenernya yang paling penting), tapi tetep aja gue kena omelan karena udah ceroboh ninggalin kompor yang masih nyala dalam keadaan tidur. sejak saat itu gue udah ga pernah mau lagi makan atau nyentuh yang namanya sayur lodeh. gue selalu ngambeg tiap nyokap bikin sayur lodeh. sejak kejadian itu, bonyok gue juga sempet ga percaya sama gue. mereka ngelarang gue buat pake kompor karena takut kejadian itu keulang lagi. hehehe. yah apapun yang terjadi, gue tetep bersyukur karena masih bisa bernafas (Thanks God..!!). I hate sayur lodeh..FOREVER..!!

0 komentar:

Posting Komentar