Kamis, 25 September 2008

let's sing

video
udah beberapa bulan belakangan ini gue dan temen2 genk gila gue lagi demen banget yang namanya karaokean. sebenernya sih kalo buat nyanyi, gue dah suka nyanyi dari jaman baru bisa ngomong juga dah suka nyanyi. apalgi dulu sebelom tidur bokap sering banget nyanyiin berbagai macam lagu buat pengantar gue tidur. walaupun suara bokap ga oke2 banget tapi bolehlah buat ukuran seorang ayah yang nyanyi dengan tulus buat anaknya. dulu tiap biz magrib gue juga selalu punya agenda buat nyanyi2 di teras rumah bareng ma bokap-nyokap gue gitu. gue dipangku bokap nyanyi semua lagu anak2 yang kita hafal sambil gue disuapin sama nyokap. kebiasaan aneh emang! tapi yah justru berawal dari situlah gue jadi suka banget nyanyi sampe sekarang. yah...walaupun suara gue ga oke2 banget sih!! tapi yah apa salahnya gue nyanyi sekedar buat have fun aja. tapi ga tau kenapa sejak gue sering merambah ke tempat2 karaoke sama genk gila gue, tiap abis karaokean pasti suara gue langsung menghilang atau ga lama pasti gue langsung batuk atau radang tenggorokan gue kambuh lagi. ga tau dah tu karena microphone-nya yang banyak virus2 karena di share sama orang2 banyak atau emang gue yang ga bisa teknik2 nyanyi makanya ada aja masalah tiap gue biz karaokean. pengen sih bisa nyanyi dengan teknik yang bener, tapi yah apa daya kocek tidak mumpuni buat belajar di tempat les vocal profesional. so sampe sekarang baru bisa belajar secara otodidak aja deh. yah sebenernya banyak banget sumber yang bisa dipake kalo kita mau belajar vokal secara otodidak, salah satunya adalah dengan cara2 buku tentang teknik olah vokal atau juga bisa dengan cara browsing ke situs2 tentang musik yang memang mengajarkan teknik vokal yang baik dan benar. berikut ini adalah salah satu refrensi yang bisa gue dapet buat kita2 yang emang suka nyanyi dan pengen belajar nyanyi dengan baik dan benar, kali aja dengan sedikit ilmu yang kita dapet ini bisa makin bikin suara kita tambah merdu atau paling ga bisa enak di denger lah. silahkan mencoba..!!

UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :

  1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Pernafasan, adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
    Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
    - Pernafasan Dada : cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
    - Pernafasan Perut : udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
    - Pernafasan Diafragma : adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  3. Phrasering, adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  4. Sikap Badan, adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  5. Resonansi, adalah usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  6. Vibrato, adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberi gelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  7. Improvisasi, adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  8. Intonasi, adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
    Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
    a. Pendengaran yang baik
    b. Kontrol pernafasan
    c. Rasa musical.
semoga tips di atas bisa bermanfaat deh buat kamu2 yang emang punya hobi nyanyi kayak gue. walaupun hasilnya belom tentu bakal kayak penyanyi profesional, tapi paling enggak, dengan menguasai teknik vokal yang bener, suara kita bakal lebih enak di denger. kalo menurut gue sih nyanyi itu cuma 1 kuncinya, yaitu PD sama suara dan kemampuan kita sendiri. yah walaupun begitu kita juga harus tetep mau pendapat orang yang denger. jangan karena kita terlalu PD sama suara kita, terus kita nganggep suara kita bagus padahal orang yang denger tersiksa banget dengerin suara kita. kalo udah gitu kan malah kita sendiri yang rugi, jadi malu sendiri kan!! yah semua balik ke bakat alam juga sih, tanpa perlu belajar pun kalo emang kita udah dikasih talenta dan suara yang bagus sama Tuhan, kita mau nyanyi kayak gimana pun ya bakal tetep enak aja buat di denger. kalo emang udah ga bakat nyanyi ya mendingan cari tau aja bakat lain yang ada di dalam diri kita, gue yakin hasilnya pasti akan lebih memuaskan buat dilakukan daripada kita maksain nyanyi padahal kita ga berbakat sama sekali.

0 komentar:

Posting Komentar